Rabu, 19 Maret 2014

Pertemuan ketujuh

Marketing Mix (lanjutan)


Pada pertemuan ketujuh tanggal 18 Maret 2014, Pak Amril Muhammad menjelaskan  materi lanjutan tentang Marketing Mix. Pada pertemuan sebelumnya telah dibahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi marketing mix atau yang dikenal dengan 7P, yaitu Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Environment. Dibawah ini akan dibahas tentang people, process dan physical environtment.

      a.   People
    People disini bicara tentang pegawai, manajemen, budaya yang dibangun dan pelanggan. Yang dimaksud people adalah karyawan penyedia jasa layanan maupun penjualan, atau orang-orang yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam proses layanan itu sendiri.

   People juga berbicara bagaimana kinerja karyawan di dalam suatu perusahaan. Apakah karyawan tersebut memiliki performance tinggi atau sebaliknya, apakah karyawan tersebut loyal atau sebaliknya, apakah karyawan tersebut mampu melayani konsumen dengan baik atau sebaliknya.

      Manusia mempresentasikan kembali tentang bisnis:
-      Manusia adalah yang terutama dalam membangun citranya
-      Melakukan kontak pertama kali dengan pelanggan
-   Meningkatkan pengetahuan dan pelatihan yang menjadi fokus dalam bidang ini
-      Terdapat relevansi misi
-      Bagaimana staff mepresentasikan kembali budaya dalam bisnis



      b.   Process
      Process adalah kegiatan yang menunjukkan bagaimana pelayanan diberikan kepada konsumen selama melakukan pembelian barang. Dalam proses disini pelayanan dapat dilihat dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut:
-      Bagaimana pelaayanan bisa digunakan?
-      Bagaimana konsumen menggunakan pelayanan itu?
-  Proses apa yang memungkinkan untuk dapat ikut terlibat dalam pelayanan?
-      Dimana kita dapat menemukan keberadaan pelayanan/jasa itu?
Keberadaan pelayanan dapat ditemukan dengan berbagai cara seperti kontak telepon, pengingat, registrasi, langganan, isi formulir dan tingkat teknologi saat ini.



      c.      Physical Environment
     Physical environment atau lingkungan fisik adalah keadaan atau kondisi yang di dalamnya juga termasuk suasana. Karakteristik lingkungan fisik merupakan segi paling nampak dalam kaitannya dengan situasi. Yang dimaksud dengan situasi ini adalah situasi dan kondisi geografi dan lingkungan institusi, dekorasi, ruangan, suara, aroma, cahaya, cuaca, pelatakan dan layout yang nampak atau lingkungan yang penting. Desain interior yang terkesan berantakan juga tentu akan membuat konsumen merasa agak sedikit tidak nyaman dengan keadaan di perusahaan tersebut. Bangunan harus dapat menciptakan suasana yang menyenangkan, sehingga memberikan pengalaman kepada pengunjung dan dapat memberikan nilai tambah bagi pengunjung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar