Marketing Mix (lanjutan)
Pada pertemuan ketujuh tanggal 18
Maret 2014, Pak Amril Muhammad menjelaskan materi lanjutan tentang Marketing Mix. Pada pertemuan
sebelumnya telah dibahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi marketing mix
atau yang dikenal dengan 7P, yaitu Product, Price, Place, Promotion, People, Process,
Physical Environment. Dibawah ini akan dibahas tentang people, process dan
physical environtment.
a. People
People disini bicara tentang pegawai,
manajemen, budaya yang dibangun dan pelanggan. Yang dimaksud people adalah
karyawan penyedia jasa layanan maupun penjualan, atau orang-orang yang terlibat
secara langsung maupun tidak langsung dalam proses layanan itu sendiri.
People juga berbicara bagaimana
kinerja karyawan di dalam suatu perusahaan. Apakah karyawan tersebut memiliki
performance tinggi atau sebaliknya, apakah karyawan tersebut loyal atau
sebaliknya, apakah karyawan tersebut mampu melayani konsumen dengan baik atau
sebaliknya.
Manusia mempresentasikan kembali tentang
bisnis:
- Manusia adalah yang terutama dalam membangun
citranya
- Melakukan kontak pertama kali dengan pelanggan
- Meningkatkan pengetahuan dan pelatihan yang
menjadi fokus dalam bidang ini
- Terdapat relevansi misi
- Bagaimana staff mepresentasikan kembali budaya
dalam bisnis
b. Process
Process
adalah kegiatan yang menunjukkan bagaimana pelayanan diberikan kepada konsumen
selama melakukan pembelian barang. Dalam proses disini pelayanan dapat dilihat
dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut:
- Bagaimana pelaayanan
bisa digunakan?
- Bagaimana konsumen
menggunakan pelayanan itu?
- Proses apa
yang memungkinkan untuk dapat ikut terlibat dalam pelayanan?
- Dimana kita
dapat menemukan keberadaan pelayanan/jasa itu?
Keberadaan pelayanan dapat ditemukan dengan
berbagai cara seperti kontak telepon, pengingat, registrasi, langganan, isi
formulir dan tingkat teknologi saat ini.
c. Physical Environment
Physical
environment atau lingkungan fisik adalah keadaan atau kondisi yang di dalamnya
juga termasuk suasana. Karakteristik lingkungan fisik merupakan segi paling nampak
dalam kaitannya dengan situasi. Yang dimaksud dengan situasi ini adalah situasi
dan kondisi geografi dan lingkungan institusi, dekorasi, ruangan, suara, aroma,
cahaya, cuaca, pelatakan dan layout yang nampak atau lingkungan yang penting. Desain
interior yang terkesan berantakan juga tentu akan membuat konsumen merasa agak
sedikit tidak nyaman dengan keadaan di perusahaan tersebut. Bangunan harus
dapat menciptakan suasana yang menyenangkan, sehingga memberikan pengalaman
kepada pengunjung dan dapat memberikan nilai tambah bagi pengunjung.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar