Segmentation, Targeting and Positioning
Dalam pertemuan kelima pada hari
Selasa, 4 Maret 2014 di gedung IDB, Pak Amril Muhammad menjelaskan tentang Segmentation,
Targeting dan Positioning.
Segmentasi
Segmentasi adalah proses membagi pasar
menurut kelompok pembeli yang dibedakan menurut kebutuhan, karakteristik,
perilaku konsumen yang mungkin membutuhkan produk yang berbeda.
Strategi Diferensiasi Pasar
Tujuan adanya diferensiasi pasar
adalah diferensiasi
memudahkan kita dalam menjalankan bisnis atau usaha mengingat varian pembeli/konsumen
yang sangat beragam. Terdapat tiga diferensiasi pasar:
· - Tanpa pembedaan
Contohnya:
pelayanan di restoran tidak membedakan pria maupun wanita, semua diberikan
pela yanan yang sama
· -
Melakukan pembedaan
Contohnya:
lembaga pendidikan dalam bentuk pesantren membedakan antara pria dan wanita
· - Terfokus
Memfokuskan
produk dengan merencanakan sasaran pelanggan sesuai dengan kemampuan/daya beli
pelanggan
Dalam melakukan
segmentasi, terdapat langkah yang harus dilakukan yaitu marketing research.
Marketing research dilakukan untuk mengetahui:
·
- Besar pasar: seluas
apa pasar yang dapat dijangkau
·
- Daya beli konsumen: kemampuan pelanggan dalam
membeli
·
- Perbedaan: perbedaan dalam menjual produk dengan yang lain
· - Pesaing: menonjolkan
keunggulan kita dibandingkan dengan pesaing kita
·
- Keterjangkuan: mudah
tidaknya konsumen memperoleh barang atau jasa kita
·
- Sumber Daya Manusia: orang-orang yang siap menjalankan usaha kita
Dasar Alternatif Segmentasi
·
- Segmentasi demografis = gender, usia, dan ukuran
keluarga
·
- Segmentasi sosio-ekonomis = pendapatan,
pendidikan, kelas social dan etnik
·
- Segmentasi psikografis = perilaku, gaya hidup
·
- Segmentasi geografis = lingkup pasar,
kepadata penduduk, iklim
· - Segmentasi benefit = memikirkan alasan utama konsumen menggunakan
produk/jasa kita dan keuntungan apa yang mereka peroleh setelah menggunakannya
· - Segmentasi penggunaan
= berbagai jenis pembeli berdasar intensitasnya, diantaranya heavy users
(pembeli sering sekali), medium users (pembeli yang cukup sering), occasional
users (pembeli yang jarang menggunakan) dan non users (bukan
pembeli)
Targeting
Targeting
adalah proses memutuskan pasar mana yang akan dilayani. Dalam targeting
dilakukan seleksi pasar sasaran yang terdiri dari kumpulan pembeli dengan
kebutuhan serupa yang akan dilayani. Untuk melakukan seleksi pasar maka
dilakukan tiga strategi yang dipilih yaitu,
tanpa pembedaan, melakukan pembedaan dan terfokus. Selanjutanya, terdapat landasan dalam targeting, antara lain sumber daya perusahaan, variabilitas produk, tahapan produk dalam daur hidup, variabilitas pasar dan strategi pesaing.
tanpa pembedaan, melakukan pembedaan dan terfokus. Selanjutanya, terdapat landasan dalam targeting, antara lain sumber daya perusahaan, variabilitas produk, tahapan produk dalam daur hidup, variabilitas pasar dan strategi pesaing.
Positioning
Positioning adalah proses membedakan
produk jasa dibandingkan dengan pesaing. Positioning ini terkait dengan apa
yang akan dilakukan terhadap pikiran dan keinginan konsumen. Terdapat tiga
langkah positioning, yaitu:
·
- Mengenali keunggulan yang mungkin dapat
ditampilkan
·
- Memilih kenggulan yang paling kuat
·
- Menyampaikan keunggualan secara efektif kepada
target pasar (promosi)
Mis Positioning
Beberapa kesalahan saat melakukan
positiong:
·
- Under positioning = konsumen tidak mengnal keunggulan produk
·
- Over positioning = konsumen punya gambaran
minimal keunggulan produk
·
- Confused positioning = konsumen tidak merasa
pasti, banyak janji
·
- Doubtful positioning = ada keraguan konsumen
terhadap kualitas produk
Tidak ada komentar:
Posting Komentar