Jumat, 23 Mei 2014

Manajemen Pemasaran Jasa


Promosi, Komunikasi Pemasaran



·      Mengembangkan dan Mengelola Program Iklan
-          Periklanan (advertising) yaitu semua bentuk terbayar atas presentase non pribadi dan promosi ide, barang/jasa oleh sponsor yang jelas.
-          Media berupa media cetak, audio, audio visual dan visual
-          Untuk mengembangkan iklan, manajer perusahaan harus mulai dengan mengidentifikasi pasar sasaran dan motif pembeli, lalu menggunakan 5 keputusan utama (lima “M”)

·      Lima M iklan
-          Misi, ada 2 tujuan yaitu tujuan penjualan dan tujuan iklan
-          Money (uang), factor-faktor yang dipertimbangkan:
ü  Tahap-tahap dalam PLC
ü  Pangsa pasar dan basis konsumen
ü  Persaingan dan kerumunan
ü  Frekuensi iklan
ü  Kemampuan penggantian produk
-          Message (pesan)
ü  Pembuatan pesan
ü  Evaluasi dan pemilihan pesan
ü  Pelaksanaan pesan
ü  Review tanggung jawab social
-          Media, terdapat 2 media : TV local dan TV nasional
ü  Jangkauan, ferekuensi, dampak
ü  Jenis media utama
ü  Sarana media khusus
ü  Penetapan waktu media
ü  Alokasi media geografis
-          Measurement (pengukuran)
ü  Dampak komunikasi dan dampak penjualan

a.       Menentukan Tujuan
-       Jenis iklan: formatif, persuasive, pengingat dan penguat
b.      Memutuskan anggaran iklan
-       Factor yang mempengaruhi adalah tahap dalam siklus hidup produk
c.       Mengembangkan kampanye iklan
1.      Pembentukan dan evaluasi pesan
-             Menghubungkan merk dan konsumen secara rasional dan emosional
-             Membedakan merk dan pesaing
-             Cukup luas dan fleksibel
2.      Pengembangan kreatif dan pelaksanaan
-             Iklan tv, media cetak dan radio
3.      Masalah hukum dan sosial
-             Pengiklanan tidak boleh membuat pernyataan salah
-             Pengiklanan tidak boleh membuat iklan yang menipu
-             Pengiklanan tidak boleh menyerang
4.      Memutuskan jangkauan, frekuensi dan dampak
Pemilihan media adalah proses menemukan media yang paling efektif biaya
5.      Memilih jenis media
Varibel yang diperhatikan yaitu kebiasaan pemirsa media sasaran, karakteristik produk, karakteristik pesan dan biaya
6.      Memilih sarana media
Beberapa kemungkinan ukuran pemirsa yang harus diketahui, yaitu sirkulasi, pemirsa, pemirsa efektif, pemirsa yang terpapar iklan
7.      Memutuskan penentuan waktu iklan
Klasifikasi pola penentuan waktu iklan, yaitu kontinuitas, konsentrasi, bersela dan berdenyut
d.      Mengevaluasi efektivitas iklan
1.      Riset pengaruh komunikasi
3 metode pra pengujian utama, yaitu metode umpan balik konsumen, uji portofolio, uji laboratorium
2.      Riset pengaruh penjualan
Dapat dilakukan dengan analisis data historis dan eksperimental

Tidak ada komentar:

Posting Komentar