Sabtu, 15 Februari 2014

Manajemen Pemasaran Jasa

Manajemen Pemasaran Jasa
Konsep Dasar Pemasaran Jasa (Resume Pertemuan Kedua)



Pada mata kuliah Manajemen Pemasaran Jasa pada tanggal 11 Februari 2014 di ruang 307, Pak Amril Muhammad selaku dosen mata kuliah ini menjelaskan tentang konsep pemasaran jasa kepada mahasiswa Manajemen Pendidikan 2012 B.


Why Marketing Study?

Mengapa kita perlu belajar pemasaran? Tedapat beberapa alasan mengapa pemasaran perlu kita pelajari, yaitu: 

- Terdapat banyak faktor untuk menjadi sukses
Cara terbaik untuk mengenal faktor-faktor tersebut adalah dengan berfokus pada kekuatan pelanggan dan mempunyai komitmen yang kuat untuk memasarkan suatu barang atau jasa.
-  - Perusahaan harus berdedikasi untuk memberikan kepercayaan dan kepuasan kepada setiap pelanggan.
-  - Harus memotivasi setiap orang dalam suatu organisasi untuk menghasilkan nilai kepada pelanggan sehingga setiap pelanggan mendapatkan kepuasan pada level yang tinggi.


What is Marketing?

Apa itu marketing? Marketing adalah proses sosial dan manajerial yang dilakukan pribadi atau kelompok untuk memperoleh kebutuhan dan keinginan melalui menghasilkan/membuat sesuatu dan menukarkan produk  dan nilai.
·         
  • Kebutuhan (needs) yaitu sesuatu yang sangat diperlukan atau dipenuhi secepatnya
  • Keinginan (wants) yaitu sesuatu yang masih bisa ditunda, sesuatu berupa pilihan (bisa dipenuhi,bisa tidak)

Produk

Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan, diperoleh, digunakan atau dikonsumsi yang dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan, termasuk di dalamnya yaitu objek fisik, pelayanan, SDM, tempat, organisasi dan ide atau gagasan.

Produk terbagi menjadi 2, yaitu:
  • Goods (barang), adalah sesuatu yang dapat dilihat, disentuh, diraba, dirasakan dan dipegang berupa bentuk fisik (tangibles)
  • Pelayanan (services), adalah sesuatu yang tidak bisa dipegang atau dirasakan bentuk fisiknya (intangibles).


Konsep Tentang Marketing

Terdapat beberapa konsep tentang marketing, antara lain:
  • Value (nilai)
  • Satisfaction (kepuasan), yaitu ukuran dari produk yang dapat memuaskan diri sendiri dan orang lain.
  • Quality (kualitas), yaitu tingkat baik dan buruknya suatu produk atau jasa yang dapat diukur melalui penilaian orang lain dan penilaian standar.
  • Exchange (pertukaran), yaitu tindakan memperoleh barang yang dikehendaki dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai imbalan.
  • Transaction (transaksi), yaitu suatu kesepakatan
  • Relationship (relasi), yaitu suatu hubungan pertemanan/jaringan

Marketing Management Philosophies
  • Production concept (konsep produksi)
  • Product concept (konsep produk) = konsep ini lebih mengutamakan kualitas produk yang baik
  • Selling concept (konsep penjualan)
  • Marketing concept (konsep pemasaran) = konsep ini mempertimbangkan produk, harga, tempat jual, dll
  • Societal marketing concept = konsep ini bukan hanya menjual barang tetapi juga memberikan manfaat bagi lingkungan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar