Manajemen Pemasaran Jasa
Konsep Dasar Pemasaran Jasa
(Resume Pertemuan Kedua)
Pada mata kuliah Manajemen
Pemasaran Jasa pada tanggal 11 Februari 2014 di ruang 307, Pak Amril Muhammad
selaku dosen mata kuliah ini menjelaskan tentang konsep pemasaran jasa kepada
mahasiswa Manajemen Pendidikan 2012 B.
Why Marketing Study?
Mengapa kita perlu belajar
pemasaran? Tedapat beberapa alasan mengapa pemasaran perlu kita pelajari,
yaitu:
- Terdapat
banyak faktor untuk menjadi sukses
Cara terbaik
untuk mengenal faktor-faktor tersebut adalah dengan berfokus pada kekuatan pelanggan dan mempunyai komitmen yang kuat untuk memasarkan suatu barang atau
jasa.
- - Perusahaan
harus berdedikasi untuk memberikan kepercayaan dan kepuasan kepada setiap
pelanggan.
- - Harus
memotivasi setiap orang dalam suatu organisasi untuk menghasilkan nilai kepada
pelanggan sehingga setiap pelanggan mendapatkan kepuasan pada level yang
tinggi.
What is Marketing?
Apa itu marketing? Marketing
adalah proses sosial dan manajerial yang dilakukan pribadi atau kelompok untuk
memperoleh kebutuhan dan keinginan melalui menghasilkan/membuat sesuatu dan
menukarkan produk dan nilai.
·
- Kebutuhan (needs) yaitu sesuatu yang sangat diperlukan atau dipenuhi secepatnya
- Keinginan (wants) yaitu sesuatu yang masih bisa ditunda, sesuatu berupa pilihan (bisa dipenuhi,bisa tidak)
Produk
Produk adalah segala sesuatu yang dapat
ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan, diperoleh, digunakan atau dikonsumsi
yang dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan, termasuk di dalamnya yaitu objek
fisik, pelayanan, SDM, tempat, organisasi dan ide atau gagasan.
Produk terbagi menjadi 2, yaitu:
- Goods (barang), adalah sesuatu yang dapat dilihat, disentuh, diraba, dirasakan dan dipegang berupa bentuk fisik (tangibles)
- Pelayanan (services), adalah sesuatu yang tidak bisa dipegang atau dirasakan bentuk fisiknya (intangibles).
Konsep Tentang Marketing
Terdapat beberapa konsep tentang
marketing, antara lain:
- Value (nilai)
- Satisfaction (kepuasan), yaitu ukuran dari produk yang dapat memuaskan diri sendiri dan orang lain.
- Quality (kualitas), yaitu tingkat baik dan buruknya suatu produk atau jasa yang dapat diukur melalui penilaian orang lain dan penilaian standar.
- Exchange (pertukaran), yaitu tindakan memperoleh barang yang dikehendaki dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai imbalan.
- Transaction (transaksi), yaitu suatu kesepakatan
- Relationship (relasi), yaitu suatu hubungan pertemanan/jaringan
Marketing Management Philosophies
- Production concept (konsep produksi)
- Product concept (konsep produk) = konsep ini lebih mengutamakan kualitas produk yang baik
- Selling concept (konsep penjualan)
- Marketing concept (konsep pemasaran) = konsep ini mempertimbangkan produk, harga, tempat jual, dll
- Societal marketing concept = konsep ini bukan hanya menjual barang tetapi juga memberikan manfaat bagi lingkungan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar